Workshop Seru Sekaligus Mengenal Lebih Dekat Azis Wicaksono

Sabtu (19/03) seminggu yang lalu itu penuh drama dan pada akhirnya saya melarikan diri ke tempat Workshop Cat Air bersama Azis Wicaksono di Taman KB. Peserta workshop sebenarnya harus mengikuti challenge terlebih dahulu, tetapi saya nekat datang dan langsung duduk. Kata salah satu pentolan Karamba, nggakpapa ikut aja. Sudah setengah jam saya terlambat. Penuh drama sekali hari itu. Acara berlangsung cukup lama hingga malam. Materi yang saya tangkap yaitu tentang teknik mengecat dengan teknik basah dan kering. Pada akhirnya kami seluruh peserta langsung mencoba mempraktikkan apa yang sudah mas Azis jelaskan. Btw saya nulis mas Azis nih suka kebolak-balik jadi Asiz, duh maaf, sampai replace all. Mas Azis ini merupakan salah satu dedengkot Karamba Art Movement yang ada di Semarang. Kakak satu ini juga, illustrator dan visual artist yang sudah sering mengikuti pameran ke sana ke mari. Senang sekali akhirnya bisa bertemu mas Azis langsung, baru pertama ini.


Begini ya keseruan workshop pada Sabtu (19/03):



Di Taman KB, saya juga bertemu dengan mahasiswa jurusan Sejarah, Berta dan Sabrina. Mereka ternyata juga sama dengan saya, tanpa mendaftar dan langsung datang, duduk, hehe. Saya berkesempatan untuk ngobrol dengan mereka tentang banyak hal, sampai soal kegemaran mereka. Bahkan kita selama di sana main bareng, sampai ikut game segala haha. Sepertinya kondisi badan saya mulai lemah malam itu, dan saya memutuskan pulang terlebih dulu. Sebelum pulang, saya sempatkan pamit dengan mas Azis dan saya malah dikasih sertifikat. Jadi setiap peserta workshop akan diberikan sertifikat sebagai bukti telah mengikuti workshop bersama waktu itu. Luar biasa ya mereka. Sampai rumah, saya penasaran, gimana kalau ngobrol dengan mas Azis via email? Sepertinya menarik. Akhirnya saya kirim email kepada mas Azis dan berikut obrolan kami berdua:

1. Hallo mas, Btw makasih untuk ilmu yang kemarin dibagi di workshop. Boleh tahu mas Azis asalnya dari mana? Apa asli Semarang.


Sama - sama mbak sebenernya aku kemarin masih belum terlalu lengkap ngejelasin soal cat air karna memang kondisi dan ruang workshopnya tidak terlalu mendukung jadi banyak materi yg belum kebahas next aku akan bikin lagi kelas workshop yang lebih nyaman dan kondusif ditunggu aja ya hehe. oiya aku asli Semarang, lahir di Semarang, Tinggal dan besar di Semarang, tapi sekarang tinggal sedikit minggir di daerah Ungaran.


2. Sudah sejak kapan mas Azis mencintai cat air? Ceritain pelis!


Soal ketertarikan aku sama cat air dimulai ketika pertama kali masuk kuliah jurusan Seni Rupa, karena memang sebelumnya semasa SMA untuk beli kit menggambar atau melukis harganya mahal, baru waktu kuliah karna memang diharuskan punya akhirnya beli tu masih di subsidi sama ibuk waktu itu, ya pertama awal kuliah kenal cat air sebelumnya eksplorasi berkaryaku sebatas media kering. Sesudah kenal cat aair awalnya merasa ini susah banget karena memang waktu itu kendala awal yang selalu aku temuin bekarya pake cat air susah bgt dapet warna yang bagus semua transparan dan pucet, lama kelamaan karna sering iseng dan nyoba - nyoba sedikit sedikit nemuin tu formula cara makai cat air termasuk juga dapet dari kampus, trus latian tapi gak pernah membayangkan sebelumnya akhirnya bakal terus pakai cat air dulu sebatas buat memenuhi kebutuhan nilai makul seni lukis 1. (agak panjang nih kayanya). Terus mulai banget tertarik dan berusaha mulai ngeksplorasi cat air aktu dapet kesempatan masuk ke kelas workshop cat air yang ada di kedai kebun forum Yogyakarta disana aku ketemu sama seniman - seniman yang aku idolakan dan aku satu kelas dengan mereka makanya motivasinya jadi makin jadi dikelas itu materi yang diajarkan bukan dasar soal cat air tapi lebih ke metode pengembangan media, bagaimana medium cat air bisa digunakan dengan pendekatan teknik yang berbeda dari hal yang diajarkan dikelas atau secara akademis. Disitu mulai kebuka tuh makin penasaran selepas workshop akhirnya aku memilih untuk bakal mengeksplorasi medium cat air untuk ngerjain karya personal ataupun pekerjaan ilustrasi sampai sekarang.


3. Belajar cat air awalnya susah nggak mas? pernah nyerah? atau emang bandel harus bisa?

Belajar itu dibilang susah, yang susah bukan saat ngelakuin prakteknya tapi yang susah itu justru ngebangun rasa semangat awal buat belajarnya buat aku cat air memang menantang, karena ini medium yang dibutuhkan banget kedisiplinan saat proses bekerjanya karena memang kontrol media nya cukup sulit salah langka hasilnya bisa berubah hehe. Aku gapernah nyerah sih justru dari beberapa kegagalan itu aku nemuin metode kerja yang aku pake sampai saat ini. jadi bisa dibilang teknik cat air yang aku gunakan saat ini buah dari beberapa eksperimen yang udah aku lakuin sebelumnya.


4. Kesibukan mas Azis apa nih sekarang?

Kesibukan sekarang menyelesaikan kewajiban diujung masa study alias mengerjakan proyek study dan bekerja sebagai ilustrator buat teman - teman.


5. Biasanya bagi waktu antara kesibukan dan nggambar itu gimana mas?

Gaperna bagi waktu karena tiap hari kerjanya gambar


6. Apa yang sudah didapet mas Azis sampai saat ini berkat gambar pakai cat air?


Yang didapet apa ya, ya paling bisa dapet kesempatan karna memang saya seneng buat bertemu dengan orang atau teman - teman lain yang juga berkarya lewat karya cat air saya jadi bisa berkesempatan buat ketemu kawan - kawan yang juga berkesenian, bisa diajakin pameran diluar kota, paling ya segitu aja hehe


7. Apa goals mas Azis ke depan?

Lulus Kuliah, Punya Perusahaan yang sehat, Tetep berkarya, sama jadi Soleh.


8. Boleh dong mas minta sarannya untuk yang mau belajar gambar pakai cat air


Saran nya nih buat temen - temen yang mau belajar, jangan gampang ngerasa puas sekarang tu banyak anak muda yang cepet puas dan terjebak dizona nyaman, nah rasa ingin tahunya jadi terkikis, kalu mau belajar terus bangun banyak pertanyaan didalam diri biar apa? biar kita trus berusaha buat nyari dan belajar. terus rajin latihan jangan gampang puas dengan capaian sekedar like di instagram itu SEMU. ya intinya terus konsisten, terus berlatih, dan jaga dirimu tetap penasaran biar kamu tergugah buat mencari ilmu. hahahaha petuah yang sembarangan.


sumber: metrosemarang.com

Profil :
Azis Wicaksono,
Visual artist, Illustrator, parttime traveler, and cat lovers.


Bagi kalian yang ingin melihat karya-karya mas Asiz bisa tengok sini atau sini 
Berikut adalah karya-karya mas Azis Wicaksono:


5 komentar:

  1. Seru, ya. Cakep-cakep karyanya. Saya tidak bisa menggambar :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyya mba cakep banget karyanya, hyuk mba ikutan workshop hehe :D

      Hapus
  2. Wah.. keren!

    saya ga bisa gambar nih.. jd klo lihat gambar selalu kagum :)

    BalasHapus

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH