Rempah Mandi Racikan Sendiri dan Khasiatnya


Sebagai seorang wanita, saya percaya perawatan alami dari bahan-bahan yang berasal dari alam sangat baik khasiatnya untuk kesehatan. Dua tahun yang lalu, sebelum saya pindah penduduk menjadi warga Lamper Pisang, Semarang, saya kerap mandi rempah dengan rempah tradisional yang dijual di Mirota Batik. Saya biasa membeli 3-5 bungkus untuk persediaan seminggu. Ketika saya di Semarang, saya sangat kesusahan mencari rempah mandi. Suatu hari saya mencoba masuk salah satu toko kecantikan dekat Simpang Lima dan hanya menemukan rempah mandi cengkeh dan teh hijau. Saya kurang puas dengan kedua rempah ini, hanya saya pakai sekali saja.

Kebetulan sekali saya sedang pulang kampung, dan kebetulan sekali kemarin saya ke pasar tradisional. Selain saya membeli jamu beras kencur madu, saya tergugah rasanya ingin mandi rempah lagi tetapi dengan racikan sendiri. Dengan modal ingatan rempah apa saja yang dulu kerap saya pakai, saya akhirnya membeli bahan-bahan rempah seperti kayu secang, jahe, kencur, temu lawak, temu giring, kencur, jinten, dan adas pulo waras. Hmm pengen tahu seperti apa resep rempah mandi ala Dewi ? Sabar ya, caranya sangat mudah kok.

Bahan :
1.      Kayu secang
2.      Jahe
3.      Kencur
4.      Kunir
5.      Temu lawak
6.      Temu giring
7.      Jinten
8.      Adas pulo waras
9.      Bisa ditambah cengkeh, kayu manis, akar wangi, dan mahkota dewa

Caranya :
1.      Siapkan semua bahan, potong miring 3-5 potongan
2.      Cuci bersih semua rempah yang sudah dipotong
3.      Lalu masukkan ke dalam air
4.      Rebus air, dan tunggu sampai mendidih
5.      Terakhir, masukkan air rebusan dalam ember/thub, dan tambahkan air dingin secukupnya


Apabila kamu sering mengalami stress, pegal linu, ingin rileks, ingin terbebas dari yang namanya bau badan, keringat berlebih, kelelahan , ingin perderan darah lancar, atau kamu ingin kulitmu sehat, kamu bisa gunakan rempah mandi ini untuk campuran air mandi-mu. Bila kamu ingin penguapan atau V Spa, kamu juga bisa gunakan uap dari rebusan rempah mandi. Caranya sangat mudah, taruh air rebusan dalam ember, tanpa dicampur air dingin, gunakan kain sarung atau handuk agar uap tidak menyebar, lalu berdirilah di atasnya, untuk V Spa biasanya menggunakan ratus, tetapi saya belum pernah mencobanya. Bagaimana ? sangat mudah kan ? Selamat mencoba ya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH