Untuk Perhatian! #1: Banjir One Day Art Project di Markas Hysteria

Semarang lagi banjir lo, tapi bukan air, tetapi banjir semangat anak-anak muda kreatif yang tak pernah lelah membasahkan diri mereka untuk berkesenian. Pada 26 Februari 2016 Jum’at lalu, ODAP merangkum seluruh kegiatan mereka dengan pameran dengan tajuk “Untuk Perhatian! #1 : One Day Art Project Exhibition”. Pameran yang digelar di Grobak Art Kos, Jl. Stonen No. 29 Bendan Ngisor, Gajahmungkur, Semarang tersebut merupakan project kolaborasi antara ODAP Crew bersama Hysteria Art Lab yang merupakan divisi dari Hysteria. Siapa Hysteria? Bisa klik sini!



Mengenal One Day Art Project


Sebelumnya, adakah dari kalian yang kerap melihat tembok-tembok lusuh disulap menjadi pemandangan yang menyegarkan mata? Jadi kegiatan dari O.D.A.P ini adalah kegiatan menggambar seni mural di ruang-ruang publik, salah satunya adalah tembok-tembok yang sudah nampak lusuh. Tujuannya mereka sederhana yaitu merawat tempat yang tak terawat dan terbengkalai agar lebih segar dengan tampilan baru. One Day Art Project ini merupakan project berkala yangg digagas pada November 2014 oleh segerombolan mahasiswa UNNES untuk mengisi waktu luang ketika libur kuliah. Mereka para pelaku ODAP atau ODAP crew menyebut diri mereka dengan "ODAP RANGERS". 


Siapa Saja Mereka? 

Mereka adalah Hokage dan Pemuda serbaguna merupakan konseptor dari kegiatan ini, Tata sebagai dokumentator, dan pelaku lainnya sebagai eksekutor. Kalian jangan khawatir jika ingin bergabung dengan ODAP, karena mereka pernah membuka kesempatan open submission bagi teman2 seni rupa sebagai partisipan. Oya terakhir di kota Tegal mencapai 20 partisipan.


Kegiatannya Apa Saja?

Kegiatannya yaitu menggambar di tembok yang sudah tak terawat lagi. Proses pengerjaan project ini selama sehari penuh dan dilakukan dibeberapa kota. Tahu nggak mereka sampai saat ini sudah mengerjakan project sebanyak 6 kali di beberapa kota. ODAP#1 dan #2 di Semarang; ODAP#3 di pantai Bandengan, Jepara; ODAP#4 di pantai Menganti, Kebumen; ODAP#5 di Ketep pass, Magelang; dan ODAP#6 si desa Guci Bumijawa, Tegal.


Sejarah ODAP

Saya berkesempatan untuk melakukan wawancara online dengan mas Hokage selaku penggagas ODAP. Beliau bercerita tentang bagaimana awal mula ODAP yang telah melakukan kegiatannya selama 6 kali ini. Berikut pernyataan beliau:

Gagasan awal memang ingin membuat jenis genre baru dlm berkarya senirupa,, makanya kami sebut project ini sbg "art vacation" , walaupun kami berekreasi tapi disana kami jg observasi mncari isu2 yg bisa kmi olah menjadi konten2 dalm memberikan sedekah artistik berupa karya seni mural bagi tempat2 yg kami kunjungi dlm satu hari, inilah kno project ini makai nama One Day Art Project. Media kami pun bukan tempat2 yang bagus/bersih, tapi sbaliknya, pilihan kami jtuh pada tmpat2 atau fasilitas umum yg sbnarnya masih berguna namun terbengkalai krn wrga skitar tidak ad yg merawat dengan harapan selain memberikan sentuhan estetik, setelah kami bersihkan dan kami beri sentuhan wrna, tempat itu bisa bnr2 dirawat dan djaga oleh wrga setempat. Akan tetapi,kami tidak menutup kemungkinan utk membuka project ini utk smw kalangan pelaku seni , bukan cm mural saja, jenis krya apapun, atau mngkn tidak hanya senirupa, melainkan musik dan tari pun akan kami gandeng,, yang penting dalam satu hari,kita berkarya bersama di kota2 tujuan dalam satu hari.


Opening Untuk Perhatian! #1: One Day Art Project Exhibition pada 26 Februari 2016





Screening dan Artist talk pada 27 Februari 2016




Pameran ini berlangsung sampai 12 Maret 2016, untuk informasi lebih lanjut soal open submission dan kerja sama dengan Hysteria Art Lab bisa kontak langsung dengan mereka. Uhhhkai met makan siang ya hehehee....cizzz


Sumber:
-Hysteria
-Hokage



0 komentar:

Posting Komentar

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH