7 Langkah Supaya Bahagia Setiap Hari

                                                                                                                                                                                                       Samantha Hammack

Siapa yang ingin bahagia setiap hari? Pasti semua kepengen dong ya! Apa saja kebiasaanmu setiap hari supaya bahagia terus sepanjang hari? Apakah dengan mencuci baju pukul 5 pagi dilanjut luluran? Hehe. Saya biasa bangun pagi dan belanja sayur untuk keperluan memasak. Selain itu mengisi air, bersih-bersih, dan menyiapkan sarapan. Dari ke-7 langkah sederhana ini, saya hanya minus olahraga. Faktanya saya jarang sekali olahraga. Namun, hari ini sudah memulainya setelah pukul 5. Nah! 7 langkah sederhana ini akan membuatmu bahagia setiap hari. Hari ini saya membuktikan! 


1. Bangun Pagi 

Siapa yang sering bangun pagi? Atau jangan-jangan nggak pernah ya? Belajar dari Idra Nooyi, CEO Pepsi yang mengatakan dirinya selalu bangun pukul 4 pagi agar bisa menyelesakan urusan dosmetik lebih cepat dan waktu tersisa digunakan sebagai refleksi. Asmari, pemilik Dotsemarang setiap hari bangun pagi untuk bekerja. Menurutnya, pagi adalah waktu yang cocok untuk menulis blog. Keluarga saya sebagian besar senang bangun pagi. Kedua ibu saya setiap hari bangun pagi, setelah itu dilanjut menyiapkan sarapan dan bersiap-siap bekerja. Bagaimana? Kamu ingin bahagia? Mulai besok jangan lupa bangun pagi! Hehe.. 


2. Senyum Dulu Ya!

Setelah bangun pagi, kamu jangan sampai ketinggalan untuk menyempatkan diri untuk tersenyum. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Karina Davidson dari Pusat Medis Universitas Colomba bahwa senang cemberut meningkatkan resiko penyakit jantung. Jadi sudah semestinya kamu tersenyum setelah bangun. Senyum juga akan memberimu kekuatan positif bagi kamu yang percaya. Jangan lupa ya teman! 


3. Olahraga 

Habis bangun dan tersenyum, olahraga adalah yang paling tepat dilakukan. Meski baru hari ini saya memulainya, saya sudah tahu sejak dulu kalau olahraga dapat memberikan energi positif. Olahraga yang bisa kamu lakukan adalah jalan santai atau lari santai. Tapi, kalau kamu tidak memiliki waktu banyak, kamu bisa menyempatkannya dengan melakukan senam 10 menit. Kamu buktikan saja bagaimana bahagianya kamu setelah olahraga. Peneliti dari University of Vermont menemukan bahwa dengan berolahraga hanya 20 menit dapat membuat suasana hati lebih baik selama 12 jam. Jadi, tunggu apalagi teman. 


4. Sarapan 

Setelah olahraga enak nih sarapan. Kamu bisa sarapan dengan makanan berkarbohidrat. Kamu suka sarapan roti tawar? Hmm sebaiknya roti tawar diganti nasi merah atau nasi putih biasa. Karena gandum olahan seperti roti tawar dan sereal ternyata dapat memicu kadar insulin atau gula darah meningkat. Kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan. Misal Jus pisang dengan nasi merah ditambah sayur. 


5. Melakukan Aktivitas Positif

Bangun pagi dapat membuatmu lebih banyak melakukan kegiatan positif. Kamu bisa melakukan beberapa hal positif salah satunya mengejarkan tugas kuliah kamu. Kalau kamu kerja di kantor, kamu bisa menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan.


6. Minum Air Putih

Tahukah kamu bahwa kadar air di dalam tubuh kita di atas 80%. Dua organ tubuh yang paling banyak mengandung air adalah otak dan darah. Jadi, sesibuk apapun kamu, kamu harus tetap mengkonsumsi air putih dengan cukup. Nggak mau kan kamu kurang fokus karena lupa minum air putih. Nggak mau kan otak dan darah tidak bekerja dengan baik? Jangan lupa ya!


7. Berpikir Positif

Siapa bilang berpikir positif tidak penting? Berpikir positif sangat penting karena memiliki banyak manfaat. Kamu percuma teman kalau melakukan banyak kegiatan tetapi lupa membiasakan diri berpikir positif. Kenapa kok percuma? Semakin banyak hal yang kamu lakukan, stress juga bisa saja datang kapan saja. Jika kamu berpikir positif, kamu akan memiliki fisik dan mental yang kuat.

1 komentar:

  1. setuju banget, membiasakan diri berpikir positif memang egk mudah, susah banget malah. tapi kalau bisa, selain stress berkurang, cara kita memandang dunia juga ikut berubah :)

    BalasHapus

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH