Surono Hebat! 10 Tahun Berjualan Bakwan Kawi

 


Waktu yang nggak sebentar, 10 tahun pak Surono berjualan bakwan kawi di kawaasan Turi. Beliau berasal dari Gunung Kidul. Sudah 10 tahun pak Surono memutuskan jauh dari keluarga, dan beliau pulang ke Gunung Kidul 1-2 minggu sekali. Sejak di Semarang, jajan bakwan kawi yang cocok di lidah itu susah ya. Jujur aja! Nggak ada yang menandingi rasanya bakwan kawi di kampus UNY hehe. Kangen banget!


Pertama kali Bertemu Pak Surono


Semenjak pulang Jogja, aku memang sengaja mencari bakwan kawi di sekitar Turi. Aku akhirnya bertemu pak Surono di depan Puskesmas Turi. Waktu itu aku sedikit bertanya kepada beliau, di mana saja lokasi berjualannya. Beliau menjawab kalau beliau berjualan di Kembangarum dan di Pukesmas Turi.


Beberapa kali saya mencoba kembali untuk membeli bakwan kawi di Pukesmas, ternyata beliau sudah lama pindah. Beliau berjualan di Kembangarum saja sekarang, tepatnya di pertigaan menuju desa Dukuh.


Sejak Kapan Menetap Berjualan di Kembangarum?


Aku sebenarnya lupa bertanya kepada beliau. Sekitar 2018 aku mencari beliau, beliau sudah menetap di Kembangarum. Beliau sudah tidak berjualan di depan Pukesmas lagi. Beliau mengatakan bahwa sudah tidak sekuat dulu untuk berjualan di dua tempat.

Dulu, Pak Surono sempat berkeliling di kawasan Wonokerto. Rute berjulan pak Surono mulai dari Lungguhrejo sampai Pasar Ikan Garongan. Lumayan jauh juga ya! Sekarang sudah menetap di Kembangarum.


Rasa


Aku beberapa kali mencoba bakwan kawi, yang paling cocok di lidah adalah bakwan kawi punya Pak Surono. Beliau sengaja menggunakan bawang putih yang banyak, sehingga rasanya pas. Untuk harga sangat murah, kamu bisa membelinya dengan harga minimal 3000. Kalau mau 2000 bagaimana? boleh kok. Aku biasanya membeli dengan harga 5000 sudah kenyang banget.

Mungkin kamu sedang menacari makan siang, bukan nasi, tapi bisa kenyang, bisa dicoba bakwan kawi pak Surono. 


Lokasi

Pertigaan desa Dukuh, Kembangarum


2 komentar:

  1. kok kayaknya enak banget yah. jadi pengen ngerasain juga.

    BalasHapus

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan