Pilih Klien atau Dosen ?

Kiely on Pinterest
Kamu lebih milih mana? Klien atau dosen? Dikejar klien atau dosen? Skripsimu mana? Tesismu mana? Kamu biasa jawab apa? Kamu lebih bahagia mana? Dikejar dosen atau klien? Kalau kamu mahasiswa yang udah kerja paruh waktu dan belum lulus-lulus, tentu ini menjadi pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab. Tapi, sesulit apa sih? Nggak juga kok. Pertanyaan ini bisa dijawab, tapi butuh waktu untuk berpikir. Sok mikir ciyehh hehe..


Dua hari yang lalu, teman sekampus dan juga teman main ini tiba-tiba kirim pesan singkat alias ngobrol-ngobrol lucuk gitu via Whatsapp. Dia biasalah nanya. Lagi apa? Sehat? Gimana? Pokoknya ribuan pertanyaan dia layangkan ke aku haha. Tapi, ada obrolan yang menarik saat dia tiba-tiba galau soal kesibukan dia. Tesis atau Klien? Wow! Ya maklum lah! Selain mengajar, dia juga pekerja kreatif yang siap melayani kapan pun klien minta. Dia juga sibuk dengan kegiatan-kegiatan sosial yang dia ikuti. Gimana ya? Kok aku kayak nggak punya waktu kata dia. Ya memang sih! Ngerjain tesis tuh butuh konsentrasi Kak, kamu perlu deh meluangkan waktu lebih banyak untuk urusan ini. Tapi yang aku salut sama dia, dia nggak pernah lelah, meski kemarin sempet kena gejala tipes. Aduhh Kak! Pelis ya kesehatanmu..


Obrolan malam itu cukup membuat kita berdua merenung sebagai mahasiswa yang belum lulus-lulus. Dia bilang, urusan klien ini penting. Ya kalau pun soal materi nggak seberapa, tapi besaran semangat yang ditimbulkan itu jauh luar biasa. Sama halnya aku, ini nggak jauh beda. Cuma, masalahnya kita hampir sama. Klien dulu diurusin baru tesis dikerjain haha. 


Kenapa Nggak di Tolak Aja Dulu?

Jadi gini, setiap orang termasuk aku dan temanku ini bisa saja menerima penawaran dengan alasan-alasan tertentu. Juga, bisa menolak penawaran dengan alasan-alasan tertentu. Kalau aku, nggak semua aku terima karena siapa tahu diluar kapasitas aku untuk membantu ya. Menolak dan menerima penawaran di saat tesis ingin diselesaikan, tentu ada alasan-alasan tertentu. Kebetulan aku dan temanku ini sedang menyelesaikan tesis.


Tapi Kamu Perlu Tahu 


Sebagai pekerja lepas, kita juga harus menerapkan program loyalty ke orang-orang yang butuh bantuan (klien). Ya, meski namanya nggak sekeren itu, intinya memberikan pelayanan terbaik. Apalagi si klien ini bukan orang baru.


Apa itu Program Loyalty?


Ada yang belum tahu program loyalty? Jadi gini, program loyalty ini biasa digunakan oleh perusahaan-perusahan yang memiliki pelayanan khusus kepada pelanggan setia mereka. Kamu sebagai pelanggan bisa saja mendapatkan bonus berupa penawaran harga khusus sampai voucher menginap di hotel X misal. Buat kamu yang kerjaannya nulis atau desain atau editor lepas, perlu dan juga penting menjaga kualitas pelayanan kamu kepada klien setia kamu. Jadi, jika di waktu tertentu kamu tidak sanggup mengerjakan, sebaiknya kamu mengatakan yang sejujurnya. Jangan sampai klien memiliki ekspektasi berlebihan.Ya kasarannya berimajinasi lah, bayangke sek ora-ora hehe. Mengharapkan hasil yang terlalu tinggi, padahal kamu tidak bisa.


Lalu

Bagaimana jika keduanya ingin diselesaikan dalam satu waktu? Pernah nggak sih kamu mengalami kejadian serupa? Lebih milih dikejar-kejar klien apa dosen? Enak mana sih sebenarnya? 


Sebaiknya

Kenali dirimu sendiri terlebih dulu. Membatasi diri. Perlu memilah. Penting nggak sih ini? Gimana ya? Bisa nggak? Ya lakukan riset-riset sederhana untuk mengetahui kapasitas kamu. Hadeh flashdisk kalik hehe..


Cara yang Sedang Aku Lakukan

Solusi yang aku bisa bagi adalah menganggap dosen sebagai klien. Jahat nggak? Ternyata ini ampuh sekali. Bagi aku, urusan klien selalu menjadi yang pertama untuk dikerjakan, dan urusan tesis yang kedua. Sekarang, aku anggap dosen adalah klien dan menjadi yang pertama buat aku. Ya, dengan begitu, aku berharap tesisku bisa segera selesai dan kerjaan yang lain tetap bisa berjalan meski ini nggak banyak. Serius ini nggak banyak hehe.. Sok-sok-an doang.


Setiap orang tentu memiliki caranya masing-masing untuk membuat kendalanya menjadi bukan kendala lagi. Kamu bisa loh melakukan riset-riset sederhana tentang diri kamu sendiri. Kamu pasti akan menemukannya setelah itu. Kamu yang lagi tesis, skripsi, atau mengerjakan apapun di luar pekerjaan kamu, kamu bisa banget menemukan cara baru untuk mengatasi kendalamu. TGIF, semoga bahagia di Jum'at ini..

4 komentar:

  1. Hahahahhaha! menurut aku semua ada prioritasnya, baik klien ataupun dosen, jadi sebagai pekerja freelance dan mahasiswa punya tanggung jawab terhadap klien utk urusan kerjaan & tanggung jawab sama dosen (dan orang tua) untuk urusan kuliah.. so perbaiki aja dulu prioritasnya :D IMHO lho yaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha. Siap Kak, Prioritas ya. Siap. Tengss ya sharingnya.

      Hapus
  2. Jadi inget zaman kuliah nih, suka dikejar sama dosen biar cepet lulus hihi

    www.extraodiary.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini aku banget, bandel banget Kak ini. Gimana ya biar nggak gini :D

      Hapus

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH