Keseruan Ignition Yogyakarta di Grha Sabha Pramana UGM



Senang rasanya bisa terpilih untuk mengikuti Ignition di Yogyakarta. Kebetulan dua hari sebelum acara berlangsung saya mendapatkan sebuah email dari #1000startupdigital. Jujur, karena saya sangat penasaran dengan isi email tersebut, akhirnya saya membaca lebih jauh persyaratan apa saja yang ditentukan oleh panitia supaya bisa mengikuti Ignition di Yogyakarta. Setelah mempelajarinya lebih lanjut ternyata peserta harus membuat sebuah video berdurasi 2 menit yang menjelaskan tentang ide yang kita punya.

Hari berikutnya saya bekerja sama dengan teman saya untuk membuat sebuah video berdurasi sekitar  1 menit lebih. Saya tidak menyangka bisa lolos di tahap awal ini. Ternyata jumlah pendaftar mencapai 850 orang dan diseleksi menjadi 250 orang saja, “kata Rubby Emir, CEO Kerjabilitas. Rubby Emir juga menjelaskan bahwa gerakan ini memiliki lima tahapan yaitu Ignition, Workshop, Hackathon, Bootcamp dan Incubation. Jadi setelah Ignition masih ada 4 tahapan lagi.


Bagaimana acara Ignition di Yogyakarta?

Seru sekali! Acara Ignition kemarin berlangsung pada Sabtu, 13 Agustus 2016 di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada. Pukul 12.00 peserta sudah diperbolehkan untuk registrasi ulang dengan menunjukan barcode kepada panitia. Acara tersebut dimulai pada pukul 13.00 WIB. Karena saya menghadiri ujian teman saya, kami akhirnya terlambat di lokasi sekitar 30 menit. Tetapi ternyata acara intinya baru akan dimulai. Ya Alhamdulillah ya. 


Apakah dari kamu ada yang belum tahu tentang Ignition? 

Jika kamu ada yang belum mengerti, saya akan menjelaskan sedikit gambaran tentang apa itu “Ignition”. Ignition adalah rangkaian awal dari sebuah gerakan nasional yang berjudul 1000 Startup Digital. Gerakan 1000 startup digital ini bertujuan membuat 1000 startup yang nantinya diharapkan akan menyelesaikan berbagai permasalahan di Indonesia. Ignition sendiri adalah tahap pertama setelah proses seleksi awal, dimana di acara ini peserta yang telah lulus seleksi awal mendapatkan pencerahan supaya memiliki pola pikir atau mindset yang benar. Hal ini juga merupakan upaya untuk merangsang ide-ide bagus dari para peserta #1000startupdigital. Harapannya akan melahirkan aplikasi digital yang bermanfaat untuk masyakarakat nantinya. Ditambahkan oleh Rubby bahwa saat ini terdapat 70 juta smartphone di Indonesia dan kebanyakan hanya memakai aplikasi buatan luar. Lewat gerakan 1.000 startup ini, diharapkan kita bisa jadi pemain dan yang terbesar di Asia Tenggara.

Acara ini dibuka oleh Menteri Kominfo, Bapak Rudiantara ditandai dengan membunyikan gong. Dalam acara Ignition ini kita juga bertemu banyak Founder Startup digital yang telah sukses dan berkembang di Indonesia. Mereka bercerita banyak hal tentang pengalamannya bahkan apa saja yang terkait dengan startup. Dari acara ini ada 6 sesi dengan masing-masing memiliki tema sebagai berikut:

1.      Sesi Pertama “Building Startup Ecosystem through Collaboration”

Sesi pertama ini dipandu oleh Aditya Arief Nugraha, CEO @gamatechno. Sedangkan panelis pada sesi pertama ini adalah Bapak @rudiantara_id, Menteri @Kemkominfo dan Bapak DR. Paripurna Sugarda, SH.LLm, Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Alumni UGM. Sesi pertama ini dijelaskan tentang bagaimana membangun startup dengan bekerja sama dengan masyarakat. Hal ini bertujuan supaya dapat terjadi sebuah ekosistem yang baik. Selain dengan masyarakat, para pelaku start up juga dapat bekerja sama dengan pemerintah agar mempermudah pelayanan untuk masyarakat.

2.      Sesi Kedua "The Art of Entrepreneurship"

Sesi ini dimoderatori oleh Bramasta, Co-Founder @UniteUX A dan panelis pada sesi ini adalah A. Noor Arief, Direktur Utama @dagadudjokdja. Pada sesi ini dijelaskan  bagaimana seorang entrepreneur belajar supaya tidak menyerah dan tetap konsisten. A. Noor Arief juga menjelaskan bahwa memilih usaha jangan asal keren, tetapi juga berguna untuk lingkungan.

3.      Sesi Ketiga "Building The Startup Mindset"

Pada sesi ketiga ini menurut saya sesi yang paling menarik. Apalagi ketika seorang moderator dan panelis keduanya membangun komunikasi yang baik di atas panggung utama. Moderator untuk sesi ini adalah Fachry, Founder @onebitmedia. Sedangkan panelis pada sesi ini adalah Ghufron Mustaqim, VP of Operation @SaleStockID; Aditya, Chief Information Officer @nebengers; dan Khresna, Head of Idea Labs @SRGGculture. Pada sesi ini dijelaskan beberapa tips membangun startup seperti tips mencari tim yang benar dan tepat seperti apa dan dijelaskan juga beberapa karakteristik yang harus dimiliki seorang founder.  

4.      Sesi Keempat "Don’t Start a Business, Solve a Problem

Pada sesi ini dijelaskan mengenai perjalanan @gojekindonesia terutama visi mereka untuk solve problem. Sesi ini dijelaskan secara langsung oleh Seto Lareno, Head of People Partner for Technology Division dari @gojekindonesia. Seto menjelaskan bahwa bekerja harus memiliki hati supaya bisa berguna untuk masyarakat. Seto juga menjelaskan tentang sosial impact dalam mengembangkan Gojek Indonesia.

5.      Sesi Kelima "Empowering Communities to Grow The Ecosystem"

Pada sesi ini dimoderatori oleh Saga Iqranegara, Chairman of Digital Creative Association. Panelis kali ini adalah Kristupa Saragih, Founder FotorograferNet. Kristupa menjelaskan bahwa membangun sebuah ekosistem komunitas yang baik harus berawal dari bagaimana bisa mengatasi sebuah masalah dengan solusi. Waktu awal berdiri FotograferNet tahun 2002, internet di Indonesia masih rendah. Berkat Kristupa berani mengambil langkah dari masalah menjadi solusi. Kristupa mampu membawa FotograferNet diikuti banyak sekali pengikut dalam komunitasnya.

6.      Sesi Keenam "The Next Generation of Bloggers"

Wow, temanya sangat menarik! Pada sesi terakhir ini, Para panelis sesi ini ada @afithusni, Co-Founder & CFO @NGONOOcom;  Nendra Primonik, Head of Operations @hipwee; Puthut EA, Founder @mojokdotco; dan dimoderatori oleh Agung, Chief Editor @KRjogjadotcom. Sesi ini kurang lebih menjelaskan tentang bagaimana menciptakan sebuah konten yang menarik dan berbeda dari yang lain. Pada sesi yang terakhir ini juga dijelaskan tentang bagaimana membangun hubungan yang baik dengan pembacanya.


Nah! Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti Ignition di kota terdekatmu? Silakan follow twitter @1000startupID agar kamu tidak ketinggalan informasi ya! Siapkan dirimu dan ide segarmu sebaik mungkin, sehingga kamu bisa lolos sampai tahap terakhir. Selamat mencoba!


Sumber foto: @1000StartupYOG



0 komentar:

Posting Komentar

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH