10 Minuman Ini Diburu Saat Menjelang Berbuka Puasa

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankannya. Kira -kira mau berbuka puasa dengan minuman apa hayoo? Menjelang berbuka puasa, nggak mungkin nggak, kamu nggak kepikiran menyiapkan minuman untuk berbuka. Biasanya kamu menyiapkan minuman hangat atau dingin? Kalau saya bukan orang yang harus ini dan harus itu sih tipenya, ya yang ada dinikmati. Kalau selama seminggu ini saya dan keluarga lebih sering menikmati minuman dingin seperti es campur. 

Keluarga saya sering membeli mamahan di sekitar Lamper Mijen, Semarang. Di sana sangat lengkap, jadi kamu yang di Semarang bisa mencobanya. Btw ada yang masih bingung mamahan itu apa? Ternyata kalau di sini mamahan itu aneka isi dari es campur. Aneka isi tersebut bisa cendol, buah-buahan, roti tawar, agar-agar, dan sebagainya. Biasanya satu bungkus dijual dengan harga sekitar 5 ribuan. Kira-kira sudah ada gambaran belum hari ini mau berbuka dengan minuman apa? Jika belum, kamu dilarang bingung lo. Saya akan mencoba memberi gambaran tentang 10 minuman yang paling sering diburu saat menjelang buka puasa. Berikut adalah hasil riset sederhana saya selama satu minggu ini: 

1. Air Putih Hangat

akuinginsukses.com
Kalau air putih, kamu bisa menyiapkannya sendiri. Nggak perlu beli kecuali kamu sedang dalam perjalanan. Kamu bisa mampir ke swalayan terdekat. Kamu juga bisa mencarinya di warung-warung terdekat. Minuman ini selalu saya buru saat menjelang buka puasa. 

2. Teh Hangat

health.liputan6.com
Meski di rumah sudah menyiapkan es campur, tetapi teh hangat selalu ada. Teh hangat berfungsi mengembalikan energi karena dalam seharian tidak ada makanan dan minuman di lambung. Manfaat teh juga sangat baik untuk kesehatan. Seperti yang dilansir dalam laman blog.act.id, kandungan essential oil yang terdapat dalam secangkir teh juga dapat memberikan manfaat untuk melarutkan lemak dan melancarkan pencernaan setelah seharian kita berpuasa.

3. Es Teh

www.eshtravaganza.com
Nah! Kalau tadi versi hangatnya, sekarang versi dinginnya. Es teh memang sangat segar untuk minuman berbuka, tetapi jangan berlebihan ya.

4. Es Dawet Ayu


Dawet Ayu ini minuman khas Banjarnegara, tapi meskipun begitu kamu nggak perlu jauh-jauh ke Banjarnegara. Minuman ini bisa kamu jumpai di berbagai kota. Apalagi musim Ramadhan begini, kamu bisa mencarinya dengan mudah. Biasanya mereka berjualan keliling komplek. 

5. Es Kolang-kaling

masakanlezat.com

Kalau yang satu ini tidak diragukan lagi. Bahkan kemarin saya sempat melihat berita bahwa kolang-kaling mengalami banjir pesanan. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan menambahkan sirup. Tapi kamu bisa mencarinya di penjual jajajan dadakan Ramadhan.

6. Es Kelapa Muda

danlangkah.blogspot.com

Spot Es Kelapa Muda di Semarang lumayan banyak, kamu bisa mencarinya di daerah PIP Pleburan, Lamper Tengah depan Hotel City One, dan di dekat POM Bensin Lamper. Es kelapa muda memang sangat bagus untuk kesehatan, terlebih membantu mengembalikan cairan yang hilang setelah seharian berpuasa.

7. Es Campur


Minuman ini minuman favorit keluarga saya di Semarang, dulu juga pertama kali datang ke Semarang, selalu ada minuman ini saat berbuka. Ini andalan keluarga. Kamu bisa membuatnya sendiri atau berburu es campur di kawasan Badak Angop Kecamatan Semarang Selatan, di sana ada yang menjual es campur. Kalau enggak, kamu bisa ke Lamper Mijen di mana saya dan keluarga biasa membeli mamahan atau isi es campur.

8. Es Rumput Laut

malangfoodhunter.blogspot.com

Es Rumput Laut bisa kamu temui di sekitar Gereja di Lamper Mijen, di sana kamu akan sangat bahagia karena es rumput lautnya sangat segar dan menambah pikiran semakin positif setelah seharian berpuasa.

9. Es Setup Pisang

masakbagus.com
Es setup pisang ini saya sangat suka. Cara membuatnya sangat mudah. Manisnya gula jawa selalu bikin nyaman. Cukup bahan andalan pisang, gula jawa, air, kayu manis, dan aroma cengkeh, kamu bisa happy setelah menikmatinya. 

10. Es Oyen

gogirlmagz.com
Es Oyen ini dari Bandung katanya, bener nggak sih? Menurut sumber, Es Oyen yang paling dikenal (pertama kali) oleh warga Bandung menurut cerita yang beredar adalah Es Oyen yang terletak di Jl. Sukajadi di antara pertigaan Jl. Sukajadi dan Jl. Sederhana. Campuran alpukat, nangka, kolang-kaling, pacar cina, kelapa muda, susu kental manis, dan es serut menjadikan es ini spesial dan memiliki rasa yang segar. Jika kamu berada di Semarang, Kawasan Undip bawah, Undip Tembalang, Unnes Sekaran, maupun di Lamper Tengah, kamu bisa menjumpainya di kawasan ini dengan mudah.

5 komentar:

  1. kalo saya air putih anget dan teh anget..terus dilanjut buah...hiihiihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buleh pan kapan lempar-lempar gitu buahnya kak :D

      Hapus
  2. Gagal fokus sama badak angopnya. Deket SMP dulu. Kalo cegat bis di daerah situ.p
    Btw, ada orang orang yang ga bisa minum hangat ataupun dingin setelah puasa.
    Musti minum yang biasa.
    Kalo dipaksa minum hangat atau dingin semacam berasa air ngalir dari tenggorokan ke perut dan itu rasanya sakit banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perih gitu ya mas? Kasian kalau yang nggak bisa menerima air es atau hangat. Terus biasa itu, air putih biasakah mas?

      Haha iya mas, aku biasa beli di Badak Angop. Alumni 33 ato 34 mas? :D

      Hapus
  3. Lho? Badak angop kan sompok ke utara. Di situ cuman ada 3 SMP, yaitu 8, 39, 37. Aku dari 8 btw.
    Kalo aku ya seperti yang aku bilang, air putih ga dingin a panas. Semacam lambungnya belum kebuka setelah seharian ga terisi.
    Bisa jadi petaka kalo minum dingin atau panas, apa lagi kalo langsung makan.

    BalasHapus

 

LIKE FOR CLICK ON POST

DON'T CLICK, BUT SEE MORE


JOIN WITH

Blogger Perempuan

RELAX: HERE YOU CAN FEED THE FISH